Jangan Hilang Semangat…!

Gara-gara lagi pada sibuk membahas hadîts-hadîts cerita nubuwah tentang akhir zaman, lalu jadi banyak yang galau dan patah semangat begitu…

⛔ Maka kita katakan JANGAN…!!!

Iya jangan lah…!

Karena hal ini sudah dinasihati oleh Baginda Rosûlullôh صلى الله عليه و سلم.

📌 Kata Baginda Nabî صلى الله عليه و سلم:

إِنْ قَا مَتِ السَّاعَةُ وَؤِتَدِ أَحَدِكُمْ ؤَسِيْلَةٌ ، فَإِنِ اسْطَاعَ أَنْ لَاتَقُوْمَ حَتَّى يَغْرِسَهَافَلْيَغْرِسْهَا

(arti) _“Apabila Hari Qiyâmat datang sementara di tangan salah seorang di antara kalian ada bibit pohon Kurma, maka sekiranya ia mampu menanamnya sebelum Qiyâmat datang, hendaklah ia menanamnya!”_ [HR al-Bukhôrî, al-Adab al-Mufrod no 479; Ahmad no 12512; ath-Thoyalisi no 2068].

Hari Qiyâmat itu kedatangannya pasti, namun kapan tepatnya hari H dan jam J-nya tidak ada satu makhluk yang tahu dengan pasti. Hanya harinya adalah hari Jum‘at.

Pengetahuan tentang kepastian kapan Hari Qiyâmat hanya ada di sisi الله Subhânahu wa Ta‘âlâ.

📌 Kata الله Subhânahu wa Ta‘âlâ:

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

(arti) _“Mereka bertanya kepada kamu tentang Qiyâmat: 'Kapankah terjadinya?'. Katakanlah: 'Sungguh pengetahuan tentang Qiyâmat itu adalah ada pada sisi Robb-ku, tidak ada seseorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain dari Dia. Qiyâmat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di Langit dan di Bumi. Qiyâmat itu tidak akan datang kepada kamu melainkan dengan tiba-tiba.' Mereka bertanya kepada kamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: 'Sungguh pengetahuan tentang Hari Qiyâmat itu adalah di sisi Allôh, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.'”_ [QS al-A‘rôf (7) ayat 187].

Jadi tidak usah meramal-ramal terjadinya itu di tahun 2012 lah, 2020 lah, 2068 lah, atau segala macam ramalan memastikan lainnya yang dicocok-cocokkan dengan hadîts-hadîts dan pseudo-fact ilmiyyah lainnya.

Tidak perlu…!

Bagi kita menyikapinya adalah:

–› Jangan pernah merasa aman dari Hari Qiyâmat. Merasa oh masih jauh semuanya itu, karena para Shohâbat رضي الله عنهم saja dahulu sangat takut Qiyâmat itu terjadi semasa mereka masih hidup… padahal mereka adalah sebaik-baik Ummat Islâm yang pernah ada sepanjang masa.

–› Tetapi juga jangan merasa ketakutan, galau, dan hilang semangat, karena Baginda Nabî صلى الله عليه و سلم menceritakan tanda-tanda kedatangan Qiyâmat itu agar ummatnya bersiap dengan sebaik-baiknya persiapan, karena hari-hari menjelang kedatangan Qiyâmat itu adalah hari-hari dengan fitnah terberat yang pernah ada.

⚠️ Stay focused di dalam berbuat ‘amal shôlih berdasarkan ‘ilmu dan pemahaman yang benar, membersihkan ketauhîdan dari kekufuran, menegakkan amar ma‘rûf nahyi munkar dengan penuh kesabaran dan kasih-sayang.

❤️ Mari selalu berdo'a meminta petunjuk kebenaran kepada الله Subhânahu wa Ta‘âlâ dan meminta agar hati-hati kita ditetapkan di atas kebenaran serta kaki-kaki kita diteguhkan di dalam menapaki jalan kebenaran itu.

نَسْأَلُ اللهَ الْسَلَامَةَ وَالْعَافِيَةَ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rules of Engagement

Selektif Dalam Mencari Guru – Sebuah Tinjauan

Sutroh