What Makes Life Colorful

Dulu boss saya di sebuah multinational company, seorang bule asing dan kâfir, pernah bilang ke saya: "It's problem and enemy what makes life colorful".

Terjemahan bebasnya: "Adalah permasalahan dan musuh yang bikin hidup ini jadi asyik".

Waktu itu saya sih pikir malah sebaliknya ya, masa sih begitu? Bukannya hidup tanpa masalah dan musuh itu akan nyaman dan adem?

Ternyata saya salah…

Karena ia justru benar dalam hal ini…!

Iya benar…

📌 Bukankah kata الله Subhânahu wa Ta‘âlâ:

وَكَذَٰلِكَ جَعَلْنَا لِكُلِّ نَبِيٍّ عَدُوًّا شَيَاطِينَ الْإِنسِ وَالْجِنِّ يُوحِي بَعْضُهُمْ إِلَىٰ بَعْضٍ زُخْرُفَ الْقَوْلِ غُرُورًا

(arti) _“Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabî itu musuh, yaitu Syaithôn-Syaithôn dari jenis manusia dan dari jenis jinn, sebagian mereka membisikkan kepada sebagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu.”_ [QS al-An‘âm (6) ayat 112].

⚠ Perhatikan…!

Para Nabiyullôh itu pastinya adalah orang yang super baik, takkan mampu siapa pun juga manusia menandingi kebaikan, akhlâq, dan kesantunan, dari para Nabiyullôh itu. Juga para Nabiyullôh itu adalah ma’shum (terpelihara dari kesalahan).

⚠ Tetapi, bagi mereka saja, ternyata الله jadikan musuh-musuh dari Syaithôn, baik dari golongan jinn dan manusia.

Maka apalagi kita yang dho‘if dan suka berbuat kesalahan ini…?

So…

That's how life is supposed to be.

Lalu siapa musuh Ummat Islâm itu yang sebenarnya?

📌 Kata الله Subhânahu wa Ta‘âlâ:

وَلَن تَرْضَىٰ عَنكَ الْيَهُودُ وَلَا النَّصَارَىٰ حَتَّىٰ تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ قُلْ إِنَّ هُدَى اللَّهِ هُوَ الْهُدَىٰ وَلَئِنِ اتَّبَعْتَ أَهْوَاءَهُم بَعْدَ الَّذِي جَاءَكَ مِنَ الْعِلْمِ مَا لَكَ مِنَ اللَّهِ مِن وَلِيٍّ وَلَا نَصِيرٍ

(arti) _“Dan orang-orang Yahûdi dan Nashrônî tidak akan ridho kepada kamu hingga kamu mengikuti millah mereka. Katakanlah (wahai Muhammad): 'Sungguh petunjuk Allôh itulah petunjuk yang benar'. Dan sungguh jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepada kamu, maka Allôh tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagi kamu.”_ [QS al-Baqorôh (2) ayat 120].

⚠ Perhatikan…!

✓ Jelas siapa musuh yang sesungguhnya kan?
✓ Jelas apa yang mereka maui, yaitu agar kita ikut jalan hidupnya mereka.
✓ Jelas pula apabila kita tinggalkan al-Qur-ân dan as-Sunnah, maka kita kehilangan perlindungan الله.

⚠ Jadi, tempatkan prioritas kita di tempat yang tepat, karena resources (waktu, tenaga, ‘ilmu, uang / modal) yang kita miliki itu sangat terbatas.

Adapun Gerombolan Pengacau Keummatan "You Know Who" (GPK-YKW), maka mereka hanyalah layaknya sampah paku rusak yang bertebaran di lokasi proyek pembangunan. Wajib berhati-hati terhadap gerombolan itu, karena kalau terinjak lalu luka, maka bisa kena Tetanus.

نسأل الله السلامة والعافية

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rules of Engagement

Selektif Dalam Mencari Guru – Sebuah Tinjauan

Sutroh