Jangan Bermain Api, Nanti Terbakar!


Sudah hampir 3 bulanan ini inbox WA saya hampir tiap hari pasti masuk pesan dari sales dari PT RF yang menawarkan gold futures trading.


Di awal-awal dulu, sekira lebih setahun lalu, mereka ini melakukan sales call, jadi kita ditelpon olehnya. Suatu kali pernah ada yang saya angkat lalu terangkan baik-baik tentang keharōmannya. Sayang si sales person itu malah ngeyel bilang harōmnya di mana…

Subhānallōh…

Saya terangkan baik-baik bahwa saya pernah bekerja di Sharia Financial Consultant dan saya punya advanced degree in finance. Jadi saya tahu betul di mana letak harōm dan mudhorotnya main-main sama futures itu.

Namun si Sales (kebetulan perempuan) ngeyel sekali dan malah mengajak saya ketemuan untuk menerangkan bahwa saya salah… ya sudah akhirnya saya hang-up saja daripada saya emosi.

Sekarang mereka tidak telpon lagi, tapi WA. Mungkin karena biaya itu WA nol sekarang. Pesannya pasti awal-awalnya "apa kabar? lagi ngapain?". Lalu dilanjutkan mau minta waktu ketemuan langsung atau zoom. Biasanya saya langsung archive saja pesan itu dan beberapa hari kemudian saya report dan block. Oh iya, saya juga tandai nomer mereka di aplikasi True Caller.

Balik ke Gold Futures, harōmnya di mana?

Well…

Emas itu harus kontan. Titik. You pay, you get immediately.

Futures itu apa?

Cuma hak untuk membeli.

Iya, "hak untuk membeli". Jadi yang dibeli itu "hak untuk membeli dengan harga sekian pada tanggal sekian".

Nah inilah bahayanya, kalau kita beli emas sekarang karena kita anggap emas akan naik di masa depan, lalu kalau harga emasnya turun, kita tetap punya emas yang kita beli tersebut. Akan tetapi kalau futures, nah ketika harga emas ternyata tak naik, kita pasti akan kehilangan seluruh uang yang kita keluarkan untuk membeli hak untuk membeli tersebut.

Tahu kan Barrings Bank? Iya, itu bank legendaris yang membiayai pembelian Alaska oleh Amrik dari Kekaisaran Russia. Barrings itu di pertengahan Dekade 90an harus bangkrut gara-gara ada pegawainya (Nick Leeson) yang main-main futures (waktu itu Stock Index Nikkei 225) secara gelap dan akibatnya Barrings rugi £827m.

Jadi, saya nasihatkan: TIDAK USAH lah mimpi jadi crazy rich dengan bermain-main futures atau options itu, selain ia harōm, ruginya itu bisa bikin even underwear pun anda bisa-bisa tak punya…!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rules of Engagement

Selektif Dalam Mencari Guru – Sebuah Tinjauan

Sutroh