Sejarah Penamaan Kokohiyyun

Kenapa saya suka menggunakan penyebutan "Kokohiyyun", dan apakah sebutan "Kokohiyyun" itu sesuatu yang buruk?

Begini…

Kokohiyyun itu merujuk kepada suatu gerombolan yang…

✓ Manhajnya adalah "Neo Murji-ah", karena mereka memang ‘aqidahnya adalah ‘aqidah mutant hybrid abominasi "murji-ah ma‘al hukkâm khowârij ma‘ad du‘ât".

✓ Kelakuannya merusak dan memecah-belah ummat, sehingga mereka pun pantas digelari sebagai "Talafiy".

✓ Cuma mengaku-ngaku sebagai Salafiy (pengikut Salafush-Shôlih), padahal baik ‘aqidah, apalagi akhlâqnya, adalah sangat jauh berbeda dari apa yang dicontohkan oleh para Salafush-Shôlih, sehingga mereka pantas disebut sebagai "Salafiy Maz‘ûm".

✓ Keberpihakannya dan sikapnya malah mencocoki kepada kelompok yang mati-matian membela si Kâfir Penista Kitâbullôh, sehingga pantas juga disebut sebagai "BongLaf" alias Kecebong ngaku-ngaku Salafiy.

✓ Mengaku satu-satunya versi resmi dari Salafiy, bahkan Ahlus-Sunnah, sedangkan yang lainnya dianggap oleh mereka sebagai "Ahlul Bid‘ah", sehingga mereka juga pantas digelari "Rosmiyyah".

Nah…

Setelah melihat point-point di atas, lalu apa penyebutan yang paling mudah untuk mengindentifikasi gerombolan Organisasi Tanpa Bentuk (OTB) tersebut?

📝 Disebut gerombolan OTB karena mereka mengharômkan organisasi, tapi bergerombol dan ada kepemimpinannya… mereka bergerak dan beroperasi layaknya mafia yang ada "god father", ada "don" / "boss" / "capo famiglia"-nya, ada "underboss"-nya, ada "consigliere"-nya, ada "capo regime"-nya, ada "soldato"-nya, dan ada "associates"-nya.

Susah juga kan?

Maka penyebutan Kokohiyyun yang sebenarnya di-coin-kan oleh teman saya, Pega Aji Sitama, itu adalah yang paling pas karena diambil dari pernyataan gerombolan itu sendiri. Sebab selama ini selalu mengaku-ngaku dan menggadang-gadang diri mereka sebagai yang manhajnya paling kokoh sedang orang lain manhajnya goncang atau tak jelas.

Maka jadilah "Kokohiyyun"…!

Jadi kalau dibilang laqob Kokohiyyun itu buruk, maka jelas tidak. Karena itu hanya mengambil dari apa yang digadang-gadang oleh gerombolan itu sendiri...

"Kokohi" = yang merasa paling kokoh + "yun" = menandakan kelompok dalam bahasa ‘Arab.

Jadi Kokohiyyun = gerombolan OTB dari yang mengaku-ngaku paling kokoh.

Supaya mengakomodasi point-point ciri & shifat yang dikemukakan di atas, maka perlu ditambahkan "GPK".

Apa itu GPK?

Yaitu Gerombolan Pengacau Keummatan.

Maka lengkapnya "GPK Kokohiyyun".

Pas kan?

Komentar

  1. Terimakasih infonya, selama ini sy pikir itu istilah asal kata koko (panggilan untuk orang tionghua)

    BalasHapus
  2. wkwkwk saya suka tulisan kritis kyk abang gini sayang saya belom dikonfirmasi di facebook 😓

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rules of Engagement

Selektif Dalam Mencari Guru – Sebuah Tinjauan

Sutroh