The Watergate Scandal

Pada pagi dini hari tanggal 17 Juni 1972, Polisi menangkap 5 "pencuri" di kantor DNC yang terletak di kompleks Watergate. 4 dari mereka sebelumnya dikenali dari kegiatan operasi Central Intelligence Agency (CIA) melawan Fidel Castro. Meski sering disebut di media sebagai "orang Kuba", hanya 3 dari 4 orang yang merupakan keturunan Kuba, sedangkan orang ke-5 yaitu James W McCord Jr, adalah kepala keamanan pada Komite Pemilihan Kembali Presiden Nixon (kemudian dikenal sebagai CREEP), yang dipimpin oleh John Mitchell (mantan Jaksa Agung pada rezim Nixon).

Penangkapan tersebut diberitakan di Washington Post pada keesokan paginya dalam sebuah artikel yang ditulis oleh Alfred E Lewis, Carl Bernstein, dan Bob Woodward, 2 orang terakhir adalah sepasang reporter muda yang relatif tak terpandang yang diturunkan ke bidang-bidang yang tak menarik — Bernstein suka meliput politik lokal di Virginia; sedangkan Woodward, masih baru di Washington Post, biasa meliput aktivitas kriminal ringan Segera setelah itu, Woodward dan Bernstein serta penyelidik Biro Investigasi Federal (FBI) mengidentifikasi 2 orang yang ikut serta dalam perampokan tersebut: E Howard Hunt Jr sebagai mantan petinggi CIA yang baru saja diangkat menjadi staff Gedung Putih, dan G Gordon Liddy sebagai mantan agen FBI yang bekerja sebagai penasihat untuk CREEP.

Pada saat pembobolan terjadi, Liddy sedang mengawasi upaya serupa, meskipun belum selesai, untuk masuk dan mengawasi markas besar George S McGovern, yang akan segera menjadi calon dari Partai Demokrat pada pemilihan presiden AS tahun 1972.

Singkat cerita, walaupun Nixon memenangkan PilPres tahun 1972 itu, akan tetapi skandal Watergate yang ternyata adalah skandal politik yang saling terkait di dalam rezim Nixon terus menyebabkan kegaduhan sepanjang 1973-1974. Akibatnya, Presiden Richard M Nixon pada tanggal 9 Agustus 1974 mengundurkan diri sebagai presiden, karena kemungkinan besar ia menghadapi pemakzulan atas perannya dalam menutupi skandal tersebut. Nixon menjadi satu-satunya sepanjang sejarah kepresidenan AS yang mengundurkan diri.

Di Amrik itu adalah "Big No No" memakai intelijen, entah itu CIA, FBI, NSA, DIA, dlsb sebagai asset untuk memata-matai lawan politik.

Makanya kalau lihat ke website FBI, tidak ada yang namanya FBI Most Wanted itu sub bagian "Political Oposition".

Oya, kalau mau tahu lebih jauh tentang skandal Watergate ini, ada 3 filem yang bagus yaitu:
- All the President’s Men (1976)
- Nixon (1995)
- Mark Felt: The Man Who Brought Down the White House (2017)


Demikian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rules of Engagement

Selektif Dalam Mencari Guru – Sebuah Tinjauan

Sutroh