Mampukah AI Membuat Semisal al-Qur-ān?

Dulu ada sebagian orang kāfir yang menuduh bahwa Baginda Nabī ﷺ‎ yang membuat al-Qur-ān.

Maka, Allōh ﷻ‎ tantang mereka untuk membuat kalimat yang ketinggian & keindahan sastranya dan mempunyai kedalaman makna setara dengan al-Qur-ān.

Kata Allōh ﷻ‎ di dalam firman-Nya:

أَمْ يَقُولُونَ تَقَوَّلَهُ بَل لَّا يُؤْمِنُونَ ۝‎ فَلْيَأْتُوا بِحَدِيثٍ مِّثْلِهِ إِن كَانُوا صَادِقِينَ ۝‎

(arti) _“Ataukah mereka mengatakan: "Dia (Muhammad) membuat-buatnya". Sebenarnya mereka tidak berīmān. Maka hendaklah mereka mendatangkan kalimat yang semisal al-Qur-ān itu jika mereka orang-orang yang benar.”_ [QS aṭ-Ṭūr (52) ayat 33-34].

Maka Allōh ﷻ‎ menantang orang-orang yang kāfir untuk membuat 10 surah saja yang semisal dengan al-Qur-ān.

Kata Allōh ﷻ‎ di dalam firman-Nya:

أَمْ يَقُولُونَ افْتَرَاهُ قُلْ فَأْتُوا بِعَشْرِ سُوَرٍ مِّثْلِهِ مُفْتَرَيَاتٍ وَادْعُوا مَنِ اسْتَطَعْتُم مِّن دُونِ اللَّهِ إِن كُنتُمْ صَادِقِينَ

(arti) _“Bahkan mereka mengatakan: "Muḥammad telah membuat-buat al-Qur-ān itu", maka katakanlah (wahai Muḥammad): "(Kalaulah demikian,) Maka datangkanlah 10 surah yang dibuat-buat yang menyamainya, dan panggillah orang-orang yang kamu sanggup (memanggilnya) selain dari Allōh, apabila kamu memang orang-orang yang benar!"”_ [QS Hūd (11) ayat 13].

Ternyata tak ada yang sanggup membuat 10 surah yang serupa dengan al-Qur-ān, maka Allōh ﷻ‎ pun menurunkan tantangan-Nya kepada orang-orang yang kāfir menjadi hanya 1 surah saja.

Kata Allōh ﷻ‎ di dalam firman-Nya:

أَمْ يَقُولُونَ افْتَرَاهُ قُلْ فَأْتُوا بِسُورَةٍ مِّثْلِهِ وَادْعُوا مَنِ اسْتَطَعْتُم مِّن دُونِ اللَّهِ إِن كُنتُمْ صَادِقِينَ

(arti) _“Atau (patutkah) mereka mengatakan: "Muḥammad membuat-buatnya". Katakanlah (wahai Muḥammad): "(Kalau benar yang kamu katakan itu,) Maka cobalah datangkan 1 surat semisalnya, dan panggillah siapapun yang dapat kamu panggil (untuk membuatnya) selain dari Allōh, jika kamu orang-orang yang benar!"”_ [QS Yūnus (10) ayat 38].

Di dalam firman-Nya pada ayat suci yang lain:

وَإِن كُنتُمْ فِي رَيْبٍ مِّمَّا نَزَّلْنَا عَلَىٰ عَبْدِنَا فَأْتُوا بِسُورَةٍ مِّن مِّثْلِهِ وَادْعُوا شُهَدَاءَكُم مِّن دُونِ اللَّهِ إِن كُنتُمْ صَادِقِينَ

(arti) _“Dan apabila kamu (tetap) dalam keraguan tentang al-Qur-ān yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muḥammad), maka buatlah 1 surah (saja) yang semisal al-Qur-ān itu, dan ajaklah penolong-penolong kamu selain dari Allōh, apabila kamu orang-orang yang benar.”_ [QS al-Baqoroh (2) ayat 23].

Ternyata walau hanya 1 surah saja tantangan Allōh, itu pun juga tak pernah ada yang sanggup.

Contoh sederhana, QS al-Kauṫar yang terdiri dari 3 ayat suci, sampai kini pun tak pernah ada yang sanggup menciptakan yang semisal di dalam keindahan bahasa dan ketinggian & kedalaman makna.

1.400 tahun lebih telah berlalu, walau di zaman kini di saat orang sudah mampu menciptakan komputer dengan Artificial Intelligent yang biaya servernya ratusan juta USD, dan setiap hari biaya operasionalnya harus mengeluarkan jutaan USD, tetap saja takkan sanggup. Sampai kapanpun juga!

ٱلله اكبر ولله ٱلحمد






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rules of Engagement

Selektif Dalam Mencari Guru – Sebuah Tinjauan

Sutroh